My Moments with Some Educations

Pages

Saturday, 23 March 2013

Contoh Ringkasan Isi Buku

A.  Identitas Buku
1.      Judul Buku                  : Mengenal dan Mengatasi Depresi
2.      Pengarang                   : Dr. Caroline Shree
3.      Penerbit                      : ARCAN
4.      Jumlah Halaman          : 120 halaman
5.      Jumlah Bab                 : 10 bab

B.   Ringkasan Isi Buku
Buku ini mengenalkan kita kepada depresi , gejala-gejala yang mengarah ke arah depresi, penyebab terjadinya depresi, dan cara-cara menanggulangi depresi itu sendiri.
Pertama, depresi itu sendiri seringkali didefinisikan sebagai gangguan mood. adalah keadaan kesedihan yang berkepanjangan, yang timbul tanpa alasan yang jelas atau sebagai suatu reaksi yang berlebihan terhadap suatu kejadian yang menjadi pemicunya. Atau depresi bisa diartikan secara mudah dipahami adalah keadaan sakit jiwa dengan tingkatan yang berbeda-beda dan depresi berat adalah sakit mental yang diisi oleh rasa kagum bahwa waktu demi waktu pun berlalu.
Kedua, gejala depresi itu dapat dibagi menjadi dua yaitu gejala psikologis dan gejala fisik. Gejala Psikologis itu penderita mula-mula merasakan kelesuan dan keputus asaan yang dibarengi dengan kesedihan kemudian setelah meresakan kelesuan dan keputus asaan, si penderita cenderung tergolong apatis dan lamban lalu gejala psikologis yang terakhir adalah memiliki rasa bersalah dan tak berguna. Gejala depresi yang kedua adalah gejala fisik,  gejala fisik itu sendiri dimulai dari nafsu makan yang lama kelamaan berkurang, gangguan pencernaan yang biasanya sembelit, sakit kepala yang berkepanjangan, dan mudah menangis seringkali menjadi masalah utama walaupun sikap mudah marah akan lebih sering terlihat.
Ketiga adalah penyebab terjadinya depresi. Penyebab depresi hampir sama dengan gejalanya hanya saja penyebab depresi ada yang menyebabkanya karena unsur biokimia seperti kesalahan yang terjadi di dalam otak kita.

Contoh Ringkasan Isi Buku



Kemudian yang terakhir adalah cara – cara penanggulangan depresi. Cara dalam menanggulangi penyakit depresi ada beberapa macam salah satunya adalah pengobatan secara medis. Pengobatan secara medis ini si penderita depresi haruslah dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit. Karena perawatan di rumah sakit dinilai baik dan mendukung si penderita untuk segera sembuh. Selain pengobatan secara medis, cara menanggulangi depresi ini adalah dibawa ke psikoterapi. Inti Psikoterapi adalah percakapan atau serangkaian percakapan antara terapis dan penderita. Terapis dimaksudkan untuk mendengarkan masalah si penderita, mengajukan pertanyaan yang relevan tentang masa lalu, pikiran, perasaan dan keinginannya serta membantunya untuk mengerti penyebabnya dan kesulitan yang dialaminya.


C.     Komentar Isi Buku
Buku yang memuat semua tentang depresi ini sangatlah praktis. Walaupun praktis, buku ini mampu mengenalkan secara keseluruhan tentang depresi kepada pembaca. Buku ini tidaklah terlalu berbelit-belit dalam menyampaikan segala materinya sehingga para pembaca tidak dibawa dalam suasana bosan dan menimbulkan keterusan untuk semakin membaca dan membaca bukunya hingga selesai.

Share:

CHOOSE YOUR LANGUAGE

English French German Spain Italian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Followers


Traffic Visitor