Meneruskan postingan saya yang lalu mengenai Strategi Pembelajaran Linguistik, saya akan meneruskan ke strategi pembelajaran selanjutnya. Jika postingan yang lalu menyontohkan Strategi Pembelajaran Linguistik maka saya kali ini akan menyontohkan Strategi Pembelajaran Kecerdasaan Visual. Strategi ini sangat cocok untuk anak yang memiliki kecenderungan kecerdasan visual atau anak yang suka dunia menggambar, suka melihat gambar-gambar yang menarik. Dari ketertarikan anak akan suatu gambar maka muncullah niat yang lebih tinggi dalam belajar dan meningkatkan penyerapan materi yang lebih mudah. Anak lebih suka dengan pelajaran yang menggunakan metode menggambar atau pun melihat gambar-gambar yang menarik ketimbang hanya mendengarkan materi kemudian mencatatnya ke secarik kertas. Dari situ guru harus lebih kreatif dalam menginovasi penyampaian materi pelajaran. Langsung saja strategi kecerdasan visual yang saya tawarkan adalah sebagai berikut :
Find and Draw !
|
||
Filosofi
|
:
|
Saya menamakan strategi tersebut dengan
nama “Find and Draw”, karena di dalam strategi tersebut siswa menemukan atau
mencari peninggalan-peninggalan yang ditinggalkan oleh para pendahulu
kemudian menggambarkannya di secarik kertas lalu mempresentasikannya di depan
kelas,
|
Materi yang Relevan
|
:
|
Materi yang dapat disampaikan dengan
strategi Find and Draw ! adalah
1.
Masa
Nabi Muhammad
2.
Khalifaturrasyiddin
3.
Pemerintahan
Bani Umayyah, Abbasiyah, dan sebagainya
|
Karakter yang
dibiasakan
|
:
|
Karakter yang dibiasakan melalui strategi
Find and Draw ! adalah:
1.
Kerjasama
tim
2.
Peduli
terhadap sesama teman
3.
Terbiasa
bervisualisasi atau menuangkan gambar ke dalam bentuk karya.
|
Langkah-langkah
|
:
|
1.
Siswa
menjelaskan penjelasan materi dari guru.
2.
Siswa
menanyakan hal yang belum jelas mengenai materi yang disampaikan oleh guru.
3.
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai materi pelajaran atau yang
dibutuhkan.
4.
Siswa
mendiskusikan salah satu tokoh dari tiap kelompoknya.
5.
Siswa
menuangkan peninggalan tokoh yang didiskusikan dari hasil diskusi tersebut ke
bentuk gambar di secarik kertas.
6.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.
7.
Setiap
kelompok berhak bertanya , menanggapi, memberi kritik, saran terhadap
kelompok yang sedang presentasi.
8.
Guru
merefleksikan hasil presentasi yang telah setiap kelompok presentasikan.
9.
Siswa
bersama-sama menyimpulkan isi pembelajaran tersebut dan dibimbing oleh guru.
10. Guru menutup pembelajaran.
|
Alat Bahan
|
:
|
Alat dan Bahan dari strategi pembelajaran
Find and Draw ! adalah
1. Kertas
2. Alat Tulis
3. Sumber belajar (Buku, Internet)
|
Demikiannya contoh mengenai Strategi Pembelajaran Kecerdasan Visual atau Gambar. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan tinggalkan komentar di bawah. Dan jika ada usul yang lebih baik dalam pembenahan strategi pembelajaran tersebut saya menerima dengan lapang dada. Selamat berkreasi!
0 komentar:
Post a Comment