My Moments with Some Educations

Pages

Saturday, 25 August 2012

PERPUSTAKAAN MAN YOGYAKARTA 1


LAPORAN KARYA TULIS ILMIAH            
PERPUSTAKAAN MAN YOGYAKARTA 1

PERPUSTAKAAN MAN YOGYAKARTA 1
Kalian pasti sudah pernah datang ke Perpustakaan atau sudah mengenal betul apa itu Perpustakaan ? Yaa.. Perpustakaan merupakan sarana tempat pembelajaran yang asik nan menarik karena di situlah terdapat banyak buku disimpan. Di situlah salah satu tempat di sekolah selain ruang kelas yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Di perpustakaan, kita dapat meminjam berbagai buku atau hanya membacanya di situ saja. Jikalau telat mengembalikannya pasti ada denda yang harus dibayar. Setiap perpustakaan pastinya ada fasilitas yang dikedepankan, misalnya: ada AC, computer, area hot spot, dan yang menunjang lainnya. Dengan fasilitas-fasilitas tersebut otomatis banyak mengundang pengunjung datang ke perpustakaan tersebut. Perpustakaan juga merupakan tempat para orang terpelajar berkumpul dan berbagi ilmu yang mereka miliki. Di dalam perpustakaan haruslah bersikap tenang dan diharapkan tidak membuat suara yang gaduh. Karena jika suasana menjadi gaduh, konsentrasi pembaca pun menurun. Di perpustakaan juga melarang membawa makanan dan minuman, karena jika saat sedang asik membaca dikhawatir menyenggol minuman atau makanan sehingga mengotori meja maupun buku yang tengah dibaca. Oleh karena itulah kita harus taat oleh peraturan yang telah diinstruksikan oleh perpustakaan yang kita kunjungi.



Salah satu perpustakaan yang ku kenal dan ku mengerti sekarang adalah Perpustakaan MAN Yogyakarta 1. Perpustakaan tersebut berada di dalam Sekolah MAN Yogyakarta 1 yang
letaknya berdekatan dengan Laboratorium Bahasa. Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 ini berdiri sejak tahun 1991 dan telah dikelola dengan baik oleh para penjaga perpustakaan tersebut hingga kini. Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 tergolong perpustakaan yang luas, karena memiliki dua lantai yaitu lantai atas dan lantai bawah. Jumlah buku yang ada di Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 diperkirakan telah mencapai 31.000 buah buku. Selain memiliki buku yang banyak dan berkualitas, Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 juga telah memiliki dua kipas angin di lantai bawah, tiga buah AC dan satu Proyektor di lantai bagian atas. Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 juga memiliki enam buah computer yang dipegang kendali oleh beberapa penjaga atau karyawan dari Perpustakaan MAN Yogyakarta itu sendiri. Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 juga telah memiliki sebuah mesin absensi digital. Mesin absensi digital tersebut berguna untuk mengabsensi siswa yang telah meminjam buku di perpustakaan tersebut.
Layaknya perpustakaan-perpustakaan pada umumnya, Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 juga mendenda siswa yang telat mengembalikan buku. Jikalau peminjam buku menghilangkan buku yang telah ia pinjam maka dendanya adalah mengganti dengan buku yang sama. Sedangkan uang denda dari peminjam tidak untuk menggaji para penjaga perpustakaan tersebut, melainkan untuk membeli novel, buku-buku yang sarat akan ilmu pendidikan dan buku-buku yang memiliki unsur Agama Islam yang kuat. Buku-buku yang disimpan di Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 tidak hanya buku-buku yang mendidik dan membosankan, tetapi ada juga buku-buku yang seru, menarik, dan banyak juga buku-buku yang mengundang tawa bagi pembacanya. Dengan buku-buku tersebut, diharapkan minat baca bagi pembacanya akan selalu meningkat dan meningkat.
Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 sering dikunjungi para siswa saat istirahat dan pulang sekolah. Mayoritas siswa yang sering berkunjung ke Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 adalah
dari siswi putri. Bagian luar dari Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 memiliki madding dan dua buah rak sepatu di samping kanan dan kiri pintu masuk perpustakaan. Mading yang ada di bagian luar tepatnya di depan Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 itu dikelola dan dirawat oleh penjaga atau karyawan yang bekerja mengurusi perpustakaan. Mading biasanya diisi koran yang berita selalu baru, dan info-info tentang dunia sepakbola. Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 juga menyediakan sebuah dispenser yang berisi air minum untuk para siswa yang merasa kehausan setelah membaca di Perpustakaan MAN Yogyakarta tersebut.
Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 patut dibanggakan oleh para siswa MAN Yogyakarta 1. Karena dengan kegigihan para karyawannya, Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 dapat menyabet Juara 3 dalam Lomba Perpustakaan Se-DIY. Oleh karenanya, para siswa dan guru-guru patutlah bangga akan prestasi yang telah ditorehkan oleh Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 ini. Dengan prestasi inilah Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 dapat kian mengharumkan nama Sekolah MAN Yogyakarta 1. Saya sebagai salah satu siswa yang tengah menimba ilmu di Sekolah MAN Yogyakarta 1 turut bangga atas prestasi dari Perpustakaan MAN Yogyakarta 1.
Sekian laporan Karya Tulis Ilmiyah saya mengenai Perpustakaan MAN Yogyakarta 1 ini.

Share:

CHOOSE YOUR LANGUAGE

English French German Spain Italian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Followers


Traffic Visitor