My Moments with Some Educations

Pages

Thursday, 24 November 2016

Resensi Buku "Profesi Keguruan"

dhuha-mind.blogspot.com

Identitas Buku
Judul Buku         : Profesi Keguruan
Nama Pengarang     : Prof. Soetjipto dan Drs. Raflis
                                              Kosasi, M.Sc.
Penerbit, Tempat terbit         : Rineka Cipta, Jakarta
Jumlah Bab, jumlah halaman     : IX (Sembilan) Bab, 262 halaman






Ulasan singkat isi buku
Buku yang berjudul Profesi Keguruan tersebut memberikan pengetahuan dan sebagai pegangan mahasiswa dalam mengikuti kuliah dan kegiatan praktek kependidikan mengenai pembentukan wawasan, sikap, dan keterampilan profesional kepada calon tenaga kependidikan. Sebagai salah satu wahana untuk pembentukan sikap profesional itu dalam buku tersebut dibahas beberapa pokok bahasan yaitu pemahaman tentang masalah profesi, aspek bimbingan dan konseling, dan aspek administrasi pendidikan. 
Bahasa Pengarang
Bahasa yang digunakan pengarang menggunakan Bahasa Indonesia yang sudah sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), namun adakalanya pengarang menyisipkan istilah-istilah yang sulit dipahami oleh pembaca. Selain itu bahasanya juga lugas sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca.
Keunggulan
Keunggulan dari buku ini adalah adanya rangkuman di setiap babnya sehingga mempermudah para guru untuk memahami isi buku tersebut. Bukan hanya rangkuman di setiap babnya, si pengarang juga memberikan tugas di setiap bab sehingga para guru tidak hanya membaca saja namun bisa menerapkan dan lebih mudah untuk memahami isi buku tersebut.
Kelemahan
Istilah-istilah sulit yang pengarang sisipkan dalam buku ini bisa mengurangi minat para pembaca. Untuk menjadi guru yang profesional diperlukannya contoh-contoh nyata dalam penerapannya, namun dalam buku ini belum begitu dijelaskan contoh-contoh dan uraiannya yang terlalu teoritis.
Kesimpulan
Buku ini layak dibaca oleh siapa saja yang sedang mendalami atau ingin mendapatkan ilmu mengenai keprofesian guru tidak hanya pantas dibaca oleh mahasiswa jurusan PAI namun juga oleh mahasiswa jurusan pendidikan yang lain. Di dalam buku ini memuat hal-hal pokok yang harus diketahui dan dipelajari seperti konsep profesi keguruan, pengertian dan syarat-syarat profesi, kode etik profesi keguruan, pengembangan sikap profesional dan lain sebagainnya. Sebagai mahasiswa jurusan pendidikan dituntut mampu memiliki sikap profesional keguruan agar ia dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa ia layak menjadi panutan atau teladan masyarakat sekelilingnya. Masyarakat terutama akan melihat bagaimana sikap atau perbuatan guru itu sehari-hari, apakah memang ada yang patut diteladani atau tidak. 

Share:

CHOOSE YOUR LANGUAGE

English French German Spain Italian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Followers


Traffic Visitor