My Moments with Some Educations

Pages

Saturday, 24 December 2016

Contoh Strategi Pembelajaran Kecerdasaan Visual atau Gambar

Meneruskan postingan saya yang lalu mengenai Strategi Pembelajaran Linguistik, saya akan meneruskan ke strategi pembelajaran selanjutnya. Jika postingan yang lalu menyontohkan Strategi Pembelajaran Linguistik maka saya kali ini akan menyontohkan Strategi Pembelajaran Kecerdasaan Visual. Strategi ini sangat cocok untuk anak yang memiliki kecenderungan kecerdasan visual atau anak yang suka dunia menggambar, suka melihat gambar-gambar yang menarik. Dari ketertarikan anak akan suatu gambar maka muncullah niat yang lebih tinggi dalam belajar dan meningkatkan penyerapan materi yang lebih mudah. Anak lebih suka dengan pelajaran yang menggunakan metode menggambar atau pun melihat gambar-gambar yang menarik ketimbang hanya mendengarkan materi kemudian mencatatnya ke secarik kertas. Dari situ guru harus lebih kreatif dalam menginovasi penyampaian materi pelajaran. Langsung saja strategi kecerdasan visual yang saya tawarkan adalah sebagai berikut :


Find and Draw !
Filosofi
:
Saya menamakan strategi tersebut dengan nama “Find and Draw”, karena di dalam strategi tersebut siswa menemukan atau mencari peninggalan-peninggalan yang ditinggalkan oleh para pendahulu kemudian menggambarkannya di secarik kertas lalu mempresentasikannya di depan kelas,
Materi yang Relevan
:
Materi yang dapat disampaikan dengan strategi Find and Draw ! adalah
1.      Masa Nabi Muhammad
2.      Khalifaturrasyiddin
3.      Pemerintahan Bani Umayyah, Abbasiyah, dan sebagainya
Karakter yang dibiasakan
:
Karakter yang dibiasakan melalui strategi Find and Draw ! adalah:
1.      Kerjasama tim
2.      Peduli terhadap sesama teman
3.      Terbiasa bervisualisasi atau menuangkan gambar ke dalam bentuk karya.
Langkah-langkah
:
1.      Siswa menjelaskan penjelasan materi dari guru.
2.      Siswa menanyakan hal yang belum jelas mengenai materi yang disampaikan oleh guru.
3.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai materi pelajaran atau yang dibutuhkan.
4.      Siswa mendiskusikan salah satu tokoh dari tiap kelompoknya.
5.      Siswa menuangkan peninggalan tokoh yang didiskusikan dari hasil diskusi tersebut ke bentuk gambar di secarik kertas.
6.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.
7.      Setiap kelompok berhak bertanya , menanggapi, memberi kritik, saran terhadap kelompok yang sedang presentasi.
8.      Guru merefleksikan hasil presentasi yang telah setiap kelompok presentasikan.
9.      Siswa bersama-sama menyimpulkan isi pembelajaran tersebut dan dibimbing oleh guru.
10.   Guru menutup pembelajaran.
Alat Bahan
:
Alat dan Bahan dari strategi pembelajaran Find and Draw ! adalah
1.      Kertas
2.      Alat Tulis
3.      Sumber belajar (Buku, Internet)


Demikiannya contoh mengenai Strategi Pembelajaran Kecerdasan Visual atau Gambar. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan tinggalkan komentar di bawah. Dan jika ada usul yang lebih baik dalam pembenahan strategi pembelajaran tersebut saya menerima dengan lapang dada. Selamat berkreasi!







Share:

CHOOSE YOUR LANGUAGE

English French German Spain Italian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Followers


Traffic Visitor